Penjelasan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bagi SMK
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau dalam bahasa Inggris Software
Engineering (SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara
pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen
organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
PERANGKAT LUNAK :
Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
- Perangkat lunak aplikasi(application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
- Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS
- Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
- Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
- Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh.
- Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software)
- Perangkat lunak gratis (freeware)
- Perangkat lunak uji coba (shareware /trialware)
- Perangkat lunak perusak (malware)
Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
- Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi)
- Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web)
- Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data
Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :
- User / Pengguna
- Operator
- Junior Programmer (Pembuat Program Yunior)
- Senior Programmer (Pembuat Program Senior)
- Analist
Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer
Lapangan Pekerjaan :
- Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer
- Programmer Junior
- Operator dan Teknisi Komputer
- Bagian pengolahan data
Proses belajar mengajar di RPL SMK :
- Normatif
- Adaftif
- Produktif
Produktif :
- Kompetensi Dasar
- Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi
menjadi jam kegiatan berikut:
- Tatap Muka (TM)
- Praktek Sekolah (PS)
- Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk
melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan /
dunia industri
Jurusan RPL SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak, perbankan, jasa dan lain-lain yang sesuai dengan bidang RPL
Jurusan RPL SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak, perbankan, jasa dan lain-lain yang sesuai dengan bidang RPL
"Setelah Kamu Lulus Dari RPL"
Tujuan Pendidikan:
Menghasilkan lulusan yang menguasai Teknik Informatika khususnya dalam
bidang Rekayasa perangkat Lunak,sehingga mampu melakukan rancang bangun
perangkat lunak basis data dan sistem informasi.
Pada jurusan RPL siswa dibekali dengan kemampuan:
- Menerapkan Algoritma Pemrograman
- Membuat dan menerapkan Aplikasi Basis Data
- Memahami Pemrograman Visual berbasis Desktop
- Membuat paket Aplikasi Software Berbasis Desktop
- Mengoprasikan sistem oprasi jaringan
- Merancang dan membuat web statis
- Merancang dan membuat web dinamis
- Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
- Merancang bahasa pemrograman berorientasi objek
- Merancang aplikasi Web berbasis objek
- Membuat aplikasi Web berbasis data SQL
- Mengintegrasi basis data dengan Web
- Membuat aplikasi Web berbasis JSP
Program Materi Pelajaran
Tambahan (MULOG)
Merupakan materi pembelajaran tambahan yang diberikan
kepada siswa untuk menguatkan atau mempeluas kompetensi siswa dibidang
Teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan selanjutnya di
Perguruan Tinggi atau berguna bagi lulusan untuk memenangkan persaingan dalam
dunia industri. Materi yang di berikan yaitu :
- Aplikasi Office
- Mutimedia
- Jaringan
- Utility
- Basis Data
- Vedeo Editing
- Sistem Informasi Manajemen
- Struktur Data
- Animasi
- Proyek Sistem Informasi
- Kemampuan mengetik 10 jari
Anak RPL, Jangan Banyak Omong
Siapa yang
nggak tau sama jurusan kece yang satu ini, RPL. RPL itu kepanjangan dari
Rekayasa Perangkat Lunak. Ngapain aja sih kerjanya si RPL ini? Membuat program.
Awalnya, gue nggak sempat memikirkan untuk masuk kejurusan kece yang satu ini.
Kenapa? Karena awalnya, gue emang nggak bisa apa-apa di bidang ini. Dulu, gue
sempat mikir untuk meneruskan masuk ke SMA aja bareng temen-temen SMP. Malah,
gue udah punya tujuan SMA yang sama dengan tujuan temen gue.
Di tahun
2013 akhir, gue mencoba membuat suatu blog dengan tampilan seadanya. Gue nggak
punya tujuan untuk nge-blog. Nggak seperti kebanyakan blogger lain, tujuannya
beragam-ragam. Misal, pengin sekedar berbagi, menambah pengetahuan, mencari
rezeki, dan lainnya. Di awal tahun 2014, gue sedikit-sedikit mengenal bahasa
pemrograman yang ada di dalam suatu blog. Ya seenggaknya, gue tau bagaimana
struktur dasar HTML. Karena pelajaran TIK di sekolah gue nggak belajar ginian,
gue jadi merasa nggak penting mempelajari kode-kode unik yang ada di dalam
suatu blog.
Dari
kejadian itu, gue sempat mikir untuk masuk jurusan yang bersangkutan dengan
kode-kode unik blog. Setelah menghadapi ujian-ujian di kelas sembilan, gue
malah jadi niat masuk ke SMK Negeri, yang awalnya itu di jurusan Multimedia,
bisa baca di sini. Tapi gue nggak keterima di sekolah itu. Pernah mikir putus
harapan di jurusan yang bersangkutan dengan teknologi, tapi alhamdulillah gue
sekarang masuk di SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan yang gue
dambakan.
Kebanyakan,
anak RPL itu nggak bisa kalem. Contohnya, kayak kelas gue yang sekarang. Gue
merasa, kelas gue di SMK ini lah kelas yang paling terbising yang pernah gue
alami dari SD, SMP, dan sekarang. Tapi, anak RPL dari angkatan pertama dan
kedua di sekolah gue, anak-anaknya solid dan kompak. Semoga angkatan ketiga RPL
(kelas gue) bisa seperti angkatan pertama dan kedua. Btw, kebanyakan
temen-temen gue juga banyak omongnya. Dan paling parah lagi.. susah diaturnya.
Ini lah hal penting yang harus diperhatikan sebagai Anak jurusan RPL. Mengapa
demikian?
Anak RPL itu
nggak perlu banyak omong, perlunya banyak ngoding
Janganlah
menjadi anak RPL yang banyak omong. Dalam artian, anak yang selalu berisik di
kelas, selalu membuat rusuh, caper nggak karuan, dan lainnya. Anak RPL itu
nggak butuh omongan yang banyak, tapi butuh codingan yang banyak. Karena
membuat suatu program bukan dengan omongan, tapi dengan codingan.
Perlu
diketahui, menjadi anak RPL yang bersifat seperti di atas, pasti akan susah
untuk menangkap dan mencerna dari pelajaran produktif. Kebanyakan temen-temen
gue selalu mengabaikan pelajaran Perakitan Komputer, Simulasi Digital, dan yang
paling parah lagi mengabaikan pelajaran Pemrograman Web. Padahal, Pemrograman
Web ini lah pelajaran dasar yang dimana murid mempelajari HTML, CSS, JS, dan
lainnya. Ini pelajaran penting banget buat yang minat membuat Website. Oiya,
maksud dari mengabaikan di atas adalah tidak ada kepedulian untuk menyimak
pelajaran, selalu bercanda ketika guru sedang menerangkan , dan sebagainya.
Anak RPL, tidak butuh sifat seperti ini. Karena akan fatal jika sifat ini terus
berlanjut untuk di kemudian waktu.
***
Kesimpulan:
Menjadi anak
RPL itu emang nggak mudah, seperti yang dilihat kebanyakan orang. Tapi jika
bersungguh-sungguh mempelajari, pasti akan terasa mudah. Jadi anak RPL itu
jangan banyak omong, apalagi berperilaku jelek. Karena, dua sifat ini tidak
akan ada gunanya di dunia industri nanti. Okee, curhatan gue ini emang
nggak ada nyambungnya, tapi curhatan gue ini mungkin bisa bermanfaat bagi
kalian yang pengin masuk ke jurusan kece yang satu ini, Rekayasa Perangkat
Lunak. J


0 comments:
Post a Comment