CARI

Wednesday, 16 December 2015

APA SIH RPL ! ! ! !

 

Penjelasan Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak bagi SMK


    Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau dalam bahasa Inggris Software Engineering (SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

PERANGKAT LUNAK :

     Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.

Beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
  1. Perangkat lunak aplikasi(application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org. 
  2. Sistem operasi (operating system) misalnya Linux Ubuntu, Microsoft Windows, Free BSD, Unix, Mac OS 
  3. Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. 
  4. Pengendali perangkat keras (device driver) yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya. 
  5. Perangkat lunak menetap (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital dan pengendali jarak jauh. 
  6. Perangkat lunak bebas (free ‘libre’ software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software) 
  7. Perangkat lunak gratis (freeware) 
  8. Perangkat lunak uji coba (shareware /trialware) 
  9. Perangkat lunak perusak (malware)

Garis Besar Kerangka Kurikulum REKAYASA PERANGKAT LUNAK:
  1. Personal Komputer & Jaringan (merakit, instalasi dan menggunakan sistem operasi) 
  2. Menggunakan Bahasa Pemrograman Komputer (Desktop/Web) 
  3. Merancang, membuat dan mengelola aplikasi pengelolaan data

Tingkatan Sumber Daya Manusia dalam Bidang RPL :

  1. User / Pengguna 
  2. Operator 
  3. Junior Programmer (Pembuat Program Yunior) 
  4. Senior Programmer (Pembuat Program Senior) 
  5. Analist

Target Pendidikan Jurusan RPL SMK → Operator Menuju Junior Programmer

Lapangan Pekerjaan :
  1. Semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan komputer 
  2. Programmer Junior 
  3. Operator dan Teknisi Komputer 
  4. Bagian pengolahan data

Proses belajar mengajar di RPL SMK :
  1. Normatif 
  2. Adaftif 
  3. Produktif
Produktif :
  1. Kompetensi Dasar 
  2. Kompetensi Keahlian
Produktif → berisi materi2 utama khas RPLyang akan dibagi menjadi jam kegiatan berikut:
  • Tatap Muka (TM) 
  • Praktek Sekolah (PS) 
  • Praktek Lapangan (PL)
Magang adalah kegiatan belajar siswa di lapangan untuk melihat, mencoba, mempraktekkan pelajaran di sekolah secara real dilapangan / dunia industri

Jurusan RPL SMK harus mengikat kerjasama untuk magang dengan dunia industri bidang perangkat lunak, perbankan, jasa dan lain-lain yang sesuai dengan bidang RPL


 "Setelah Kamu Lulus  Dari RPL"
Tujuan  Pendidikan:
    Menghasilkan lulusan yang menguasai Teknik Informatika khususnya dalam bidang Rekayasa perangkat Lunak,sehingga mampu melakukan rancang bangun perangkat lunak basis data dan sistem informasi.


Pada jurusan RPL siswa dibekali dengan kemampuan:
  • Menerapkan Algoritma Pemrograman
  • Membuat dan menerapkan Aplikasi Basis Data 
  • Memahami Pemrograman Visual berbasis Desktop
  • Membuat paket Aplikasi Software Berbasis Desktop
  • Mengoprasikan sistem oprasi jaringan
  • Merancang dan membuat web statis
  • Merancang dan membuat web dinamis
  • Merancang aplikasi teks dan desktop berbasis objek
  • Merancang bahasa pemrograman berorientasi objek
  • Merancang aplikasi Web berbasis objek
  • Membuat aplikasi Web berbasis data SQL
  • Mengintegrasi basis data dengan Web
  • Membuat aplikasi Web berbasis JSP

Program  Materi  Pelajaran Tambahan (MULOG)
    Merupakan materi pembelajaran tambahan yang diberikan kepada siswa untuk menguatkan atau mempeluas kompetensi siswa dibidang Teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan dalam pendidikan selanjutnya di Perguruan Tinggi atau berguna bagi lulusan untuk memenangkan persaingan dalam dunia industri. Materi yang di berikan yaitu :   
  • Aplikasi Office
  • Mutimedia
  • Jaringan
  • Utility
  • Basis Data
  • Vedeo Editing
  • Sistem Informasi Manajemen
  • Struktur  Data
  • Animasi
  • Proyek Sistem Informasi
  • Kemampuan mengetik 10 jari

Anak RPL, Jangan Banyak Omong




    Siapa yang nggak tau sama jurusan kece yang satu ini, RPL. RPL itu kepanjangan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Ngapain aja sih kerjanya si RPL ini? Membuat program. Awalnya, gue nggak sempat memikirkan untuk masuk kejurusan kece yang satu ini. Kenapa? Karena awalnya, gue emang nggak bisa apa-apa di bidang ini. Dulu, gue sempat mikir untuk meneruskan masuk ke SMA aja bareng temen-temen SMP. Malah, gue udah punya tujuan SMA yang sama dengan tujuan temen gue.

    Di tahun 2013 akhir, gue mencoba membuat suatu blog dengan tampilan seadanya. Gue nggak punya tujuan untuk nge-blog. Nggak seperti kebanyakan blogger lain, tujuannya beragam-ragam. Misal, pengin sekedar berbagi, menambah pengetahuan, mencari rezeki, dan lainnya. Di awal tahun 2014, gue sedikit-sedikit mengenal bahasa pemrograman yang ada di dalam suatu blog. Ya seenggaknya, gue tau bagaimana struktur dasar HTML. Karena pelajaran TIK di sekolah gue nggak belajar ginian, gue jadi merasa nggak penting mempelajari kode-kode unik yang ada di dalam suatu blog.

    Dari kejadian itu, gue sempat mikir untuk masuk jurusan yang bersangkutan dengan kode-kode unik blog. Setelah menghadapi ujian-ujian di kelas sembilan, gue malah jadi niat masuk ke SMK Negeri, yang awalnya itu di jurusan Multimedia, bisa baca di sini. Tapi gue nggak keterima di sekolah itu. Pernah mikir putus harapan di jurusan yang bersangkutan dengan teknologi, tapi alhamdulillah gue sekarang masuk di SMK dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, jurusan yang gue dambakan.
    Kebanyakan, anak RPL itu nggak bisa kalem. Contohnya, kayak kelas gue yang sekarang. Gue merasa, kelas gue di SMK ini lah kelas yang paling terbising yang pernah gue alami dari SD, SMP, dan sekarang. Tapi, anak RPL dari angkatan pertama dan kedua di sekolah gue, anak-anaknya solid dan kompak. Semoga angkatan ketiga RPL (kelas gue) bisa seperti angkatan pertama dan kedua. Btw, kebanyakan temen-temen gue juga banyak omongnya. Dan paling parah lagi.. susah diaturnya. Ini lah hal penting yang harus diperhatikan sebagai Anak jurusan RPL. Mengapa demikian?

Anak RPL itu nggak perlu banyak omong, perlunya banyak ngoding

    Janganlah menjadi anak RPL yang banyak omong. Dalam artian, anak yang selalu berisik di kelas, selalu membuat rusuh, caper nggak karuan, dan lainnya. Anak RPL itu nggak butuh omongan yang banyak, tapi butuh codingan yang banyak. Karena membuat suatu program bukan dengan omongan, tapi dengan codingan.

    Perlu diketahui, menjadi anak RPL yang bersifat seperti di atas, pasti akan susah untuk menangkap dan mencerna dari pelajaran produktif. Kebanyakan temen-temen gue selalu mengabaikan pelajaran Perakitan Komputer, Simulasi Digital, dan yang paling parah lagi mengabaikan pelajaran Pemrograman Web. Padahal, Pemrograman Web ini lah pelajaran dasar yang dimana murid mempelajari HTML, CSS, JS, dan lainnya. Ini pelajaran penting banget buat yang minat membuat Website. Oiya, maksud dari mengabaikan di atas adalah tidak ada kepedulian untuk menyimak pelajaran, selalu bercanda ketika guru sedang menerangkan , dan sebagainya. Anak RPL, tidak butuh sifat seperti ini. Karena akan fatal jika sifat ini terus berlanjut untuk di kemudian waktu.

***
Kesimpulan: 
Menjadi anak RPL itu emang nggak mudah, seperti yang dilihat kebanyakan orang. Tapi jika bersungguh-sungguh mempelajari, pasti akan terasa mudah. Jadi anak RPL itu jangan banyak omong, apalagi berperilaku jelek. Karena, dua sifat ini tidak akan ada gunanya di dunia industri nanti. Okee, curhatan gue ini emang nggak ada nyambungnya, tapi curhatan gue ini mungkin bisa bermanfaat bagi kalian yang pengin masuk ke jurusan kece yang satu ini, Rekayasa Perangkat Lunak. J

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

uc Browser